Hallo Desainer

3 Cara Agar Freelance dari Rumah lebih Produktif

work from home by undraw

Bekerja dari rumah itu engga semudah dan seenak yang kita pikirkan loh. 3 cara ini bisa kamu lakukan agar freelance remote working lebih produktif. Jadi bagaimana sih cara agar lebih produktif ?

Buat kamu yang baru pertama kali bekerja dari rumah atau remote working. Bekerja agar lebih produktif mungkin agak sulit. Dan ada berbagai halangan unik terutama beberapa type pekerjaan yang memang harus langsung dikantor.

Perhatian yang mudah terganggu dengan hal disekeliling menjadi masalah yang paling sering dihadapi. Terutama pada pekerjaan yang lebih fokus pada hasil akhir, yang tidak bisa dikerjakan dalam waktu satu hari saja.

Dan cukup sulit untuk tetap fokus apalagi kamu dikelilingi banyak hal yang bikin terganggu.

Terkadang waktu yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan lebih banyak, dibandingkan saat bekerja di kantor. Dan hal ini malah membuat kita engga sempat meluangkan waktu untuk hal penting lainnya.

Keseimbangan antara kehidupan sehari hari, dengan pekerjaan adalah yang paling dibutuhkan. Bagi freelance remote atau yang baru aja bekerja secara remote.

Tapi tenang kamu dapat lebih produktif hanya dengan mengerjakan hal sederhana aja kok. Penasaran bagaimana caranya yuk cari tahu disini.

Dan juga ada beberapa cara laun yang bisa membuatmu tetap produktif, dan menyeimbangkan waktu untuk pekerjaan dengan hal lainnya.


Lakukan aktifitas dengan lebih produktif bergerak .

Terkadang kalau kamu bekerja dari rumah atau remote working. Waktu yang paling banyak kamu habiskan adalah duduk di depan komputer atau laptop mu.

Bekerja lebih lama bukan berarti kamu lebih produktif. Dan hal ini engga bagus untuk kesehatan.

Sangat disarankan kalau kamu bisa istirahat sesekali untuk berdiri, dan sedikit berjalan jalan. Kalau aku selalu menggunakan patokan 90/20.

Dimana waktu bekerja dan duduk di depan komputer selama 90 menit lalu sisanya 20 menit digunakan untuk istirahat. Atau sekedar melihat sekeliling atau tanaman.

Memberikan waktu untuk sedikit sedikit perenggangan, atau istirahat dampaknya sangat besar loh untuk tubuhmu. Sekedear perenggangan bisa mengurangi tekanan pada lengan.

Kalau bisa kamu bisa berjalan sedikit di dalam ruanganmu di rumah agar tubuh lebih rileks.

Apalagi buat kamu yang ngerasa kurang produktif, dan juga kekurangan ide baru untuk menyelesaikan masalah. Itu artinya otak sedang kekurangan oksigen .

Kamu bisa mencari udara segar di luar rumah hanya sekedar untuk menjernihkan pikiran. Ada juga beberapa penelitian yang membuktikan, kalau sedikit joging bisa menghasilkan ide yang kreatif untuk sebuah masalah.


Tentukan tujuan pekerjaanmu lalu buat strategi yang terstruktur.

Kadang kadang kita berpikir apa sih yang ingin kita capai kalau menyelesaikan tugas ini. Terutama hal yang dapat tercapai dalam karir kalau dapat menyelesaikan sebuah tugas dengan baik.

Waktu kamu merasa hal yang dikerjakan saat ini engga bikin produktif dan bikin cepet bosen. Mengingat kembali apa hal yang ingin dicapai bisa bikin semangat untuk terus ngerjain sesuatu.

Pertama kali menulis sebuah hasil yang ingin dicapai mungkin kelihatan cukup sulit untuk dikerjakan. Atau bingung mau mulai dari mana dulu.

Kamu bisa memecah hal tersebut menjadi tugas tugas yang mudah dikerjakan dan realistis. Tentunya yang dapat terlihat hasilnya sedikit demi sedikit.

Dengan begitu kamu akan tetap produktif mengerjakan tugas tugas kecil ini, dan waktu yang ada jadi lebih bermanfaat.

Dengan istirahat serta peregangan yang cukup dan teratur kamu dapat mengelola hasil besar yang ingin diraih. Sehingga setiap kegiatan yang kamu lakuin menuju ke tujuan tersebut.

Evaluasi dan juga jauhkan diri dari hal yang bikin fokus terganggu.

Udah melakukan hal hal diatas tadi ? Tapi merasa masih kurang produktif waktu yang ada untuk sebuah pekerjaan ?

Sekarang waktunya kamu untuk evaluasi diri sendiri dan hasil kerjamu. Apa udah maksimal dengan waktu yang diberikan.

Jika belum kamu dapat mengurangi hal hal yang bikin fokusmu terganggu. Seperti menonton televisi. Streaming di Netflix, ataupun kurang kurangin untuk check social media.

Manusia itu makhluk sosial jadi perlu untuk berinteraksi dengan orang disekitar. Kamu bisa menggunakan waktu istirahatmu untuk menyapa teman lewat social media.

Atau meluangkan waktu weekend, untuk sekedar nongkrong dengan komunitasmu.

Fokuskan dirimu pada pekerjaan yang ada saat ini . Dan semua udah ada waktunya masing masing kok jangan sampai waktu kerjamu yang sebentar itu malah kamu gunakan untuk bersosialisasi.

Dan waktu istirahatmu deh yang harus dikorbankan untuk mengerjakan tugas yang menumpuk.

Gimana cukup simple kan 3 cara agar karir freelance lebih produktif walau harus remote working ? Bagaimana cara yang kamu gunakan agar lebih produktif walau menjadi freelance ?

Yuk bagikan pengalamanmu lewat komentar dibawah yaa.

Terimakasih Udah Membaca ya 🙂

Mungkin itu saja dulu yaa yan aku share untuk kalian. Oiya aku mau berbagi insight mingguan untuk teman-teman Desainers semua. Kamu mau dapetin juga ?.

Caranya gampang kamu tinggal ketik nama dan emailmu doang kok. Ga sampe 5 menit loh. Yuk subscribe blog ini untuk dapetin insight Desainers mingguan.

Kalau kamu pikir ini penting buat kamu share juga ya di social mediamu agar kamu mudah untuk baca dilain hari. So Stay Tune terus.

Exit mobile version