Hallo Desainer

Bagaimana cara memilih font yang tepat untuk artworkmu

font style by undraw

Mau tahu bagaimana cara memilih font dengan typography yang bagus dalam design graphic artworkmu? Sebenarnya Apa itu yang dimaksud dengan tipografi dalam desain grafis.

Salah satu elemen yang sangat berperan banyak dalam sebuah artwork adalah tulisan. Atau yang bisa disebut konteks. Jika artwork yang kamu buat ingin terlihat bagus maka buat yang sesuai dengan konteksnya.

Atau pesan yang disampaikan oleh artwork tersebut. Dan jika pesanmu kamu buat dalam bentuk tulisan maka menentukan font yang tepat sesuai tipografi itu sangat penting.

Jadi apa sih itu tipografi dalam desain grafis? Typography dalam design graphic secara singkatnya diartikan sebagai cara untuk mengatur konteks dalam sebuah artwork agar menarik, dan mudah dibaca.

Tipografi ini dapat digunakan pada seluruh desain baik itu website, logo, ilustrasi , poster, dan masih banyak lagi. Untuk itu sangat penting mengetahui tentang tipografi ini loh.

Salah satu cara penggunaan typography dalam sebuah desain adalah penggunaan font. Terus bagaimana sih tips dan cara memilih font yang bagus untuk sebuah desain.

Simak juga nih tips tentang prinsip desain yang wajib kamu tahu.

Tips memilih font agar mudah kamu ingat adalah dengan mengetahui terlebih dahulu tentang font, dan typeface.

Tips memilih font dalam desainmu.

color by undraw

Apa bener yang kamu butuhin itu font ? Atau kamu belum tahu nih apa bedanya font dengan typeface.

Jadi apasih bedanya dua hal ini ?

Kalau menurutku sih secara singkatnya font itu adalah sebuah lagu. Sedangkan typeface itu adalah album dari seorang penyanyi.

Nah jadi sebuah lagu bisa ada di dalam sebuah album. Dan sebuah album bisa berisi banyak lagu sekaligus.

Gimana udah tahu kan apa bedanya font dengan typeface . Sebuah typeface memiliki banyak font didalamnya tentunya dengan style berbeda mungkin ada yang lebih tebal atau bold maupun thin. Dan juga ada yang menggunakan italic pada masing-masing fontnya.

Atau kalau dalam desain website typeface ini desibut juga font famili atau keluarga font yang punya style berbeda-beda.

Jadi typeface ini dibagi menjadi berbagai macam variantnya seperti serif, sans serif, script, monospaced, blackletter, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu kamu jadi lebih mudah untuk memilih yang mana tepat untuk desain yang kamu buat.

Sebelum memilih font yang tepat kamu juga harus tahu tentang hal ini.

Jumlah varian style dalam sebuah typeface.

Semakin simple pilihan font yang kamu tentukan semakin mudah diingat desainmu oleh audience. Dengan begitu memilih typeface yang memiliki banyak jenis font sekaligus.

Mulai dari yang tipis hingga yang tebal adalah pilihan yang tepat. Karena bisa kamu gunakan dalam jangka waktu lama.

Sehingga kamu bisa menggunakan untuk berbagai jenis desain yang kamu buat. Bisa itu logo, website hingga social media feed.

Sehingga jika kamu membutuhkan font yang sedikit berbeda di antar media desain tersebut. Kamu dapat dengan mudah menggunakan font yang sama.

Apa lisensi yan digunakan font tersebut.

Salah satu yang terpenting untuk memilih font adalah mengetahui mengenai lisensi yang dimiliki. Karena kalau kamu salah menggunakan font tersebut maka kamu bisa terkena sanksi yang telah diatur.

Setiap font memiliki lisensi entah dari mana kamu mendapatkan font tersebut. Pasti ada sebuah lisensi yang diberikan.

Jenis jenis lisensi font seperti Creative Common yang artinya kamu dapat menggunakan font tersebut untuk beberapa hal. Seperti hanya bisa digunakan untuk kebutuhan personal.

Tapi ada syarat jika kamu menggunakannya untuk kebutuhan komersil. Dan juga sangat banyak sekali lisensi yang membingungkan jika mengambil font sembarangan.

Untuk itu kamu harus teliti melihat lisensinya sebelum mebeli font tersebut. Dan ikuti sesuai aturan yang tertera sehingga kamu tetap aman dari sanksi yang ada.

Kemudahaan penggunaan.

Tips terakhir untuk memilih font dalam desain mu adalah kemudahan penggunaanya. Jika kamu membuat desain website atau User Interface mobile app. Maka font yang kamu gunakan harus bisa digunakan oleh developer juga.

Dengan begitu kembali lagi mengenai lisensi apakah. Font yang kamu beli sebisa mungkin bebas juga untuk dibagikan ke sesama tim mu.

Dan cara yang paling mudah adalah mencari font yang gratis. Agar timmu bisa langsung mendownload font tersebut dari website yang menyediakannya.

Dimana tempat untuk mencari font yang bagus ?

search by undraw

Sebenarnya ada banyak sekali website yang memberikan font berkualitas. Bisa itu berbayar maupun gratis.

Tapi untuk bisa digunakan untuk banyak hal sekaligus ada 2 rekomendasi website yang bisa kamu gunakan fontnya.

Adobe Typekit.

jika kamu menggunakan produk Adobe yang lainnya. Maka Adobe Typekit adalah pilihan yang tepat.

Dimana kamu dapat mendownload font, dan menggunakannya dengan bebas karena telah berlangganan produk Adobe.

Dan juga karena tersedia baik itu di website maupun di komputermu. Dengan begitu kamu dapat menggunakan font dengan mudah tanpa perlu kawatir dengan lisensi yang ada.

Google Fonts.

Font yang ada pada Google Fonts itu semuanya gratis, dan open source. Sehingga kamu dapat menggunakannya dengan mudah tanpa harus kawatir dengan lisensinya.

Dan juga dengan mudah digunakan untuk website karena tidak perlu mendownloadnya.

Hampir setiap website yang aku temui menggunakan font dari sini. Dan blog ini pun menggunakan font dari Google Fonts.

Terimakasih Udah Membaca ya 🙂

Mungkin itu saja dulu yaa yan aku share untuk kalian. Oiya aku mau berbagi insight mingguan untuk teman-teman Desainers semua. Kamu mau dapetin juga ?.

Caranya gampang kamu tinggal ketik nama dan emailmu doang kok. Ga sampe 5 menit loh. Yuk subscribe blog ini untuk dapetin insight Desainers mingguan.

Kalau kamu pikir ini penting buat kamu share juga ya di social mediamu agar kamu mudah untuk baca dilain hari. So Stay Tune terus.

Exit mobile version