Hallo Desainer

Menjadi freelance ilustrator full time, bagaimana caranya ?

image by undraw

Harus mulai dari mana untuk menjadi freelance ilustrator full time ? Karir freelance ilustrator saat ini cukup terkenal karena bisa mendapat job dari mana aja baik itu komik desain vector maupun artwork lain.

Jadi harus mulai dari mana jika kamu bener bener pemula ? Pertanyaan ini sering kali aku temuin di berbagai forum desain.

Sama seperti waktu pertama kali memulai karir ini 1 tahun yang lalu, aku juga mencari jawaban dari pertanyaan tersebut.

Dan seiring berjalannya waktu yang terasa adalah menjadi ilustrator itu engga sesulit yang kamu pikir. Yang perlu kamu latih adalah skill artistic, dan juga komitmen dalam menjalani karir ini.

Jika kamu merasa ada yang kurang untuk pertama kali mulai. Kamu bisa membaca beberapa buku yang relevant, artikel blog maupun melihat artwork dari artist lainnya.

Dan memulai dari membuat doodle yang simple. Menjadi ilustrator bukan berarti harus membuat artwork yang perfect, dan realistis. Tapi membuat artwork yang sesuai dengan makna yang ingin disampaikan.

Dari pengalamanku setahun ini beberapa tahap yang aku lewati memulai karir ini adalah :

  1. Mulai menggambar doodle apa saja.
  2. Berpikir kreatif, dan mencoba banyak hal baru.
  3. Menentukan style yang cocok untuk diri sendiri.
  4. Mengatasi creative block yang bisa mengganggu produktifitas.

Dan juga jika kamu baru memulai jangan terlalu menghakimi kalau artworkmu itu ga bagus. Tapi percaya aja kalau setiap harinya kamu belajar hal baru.

Kalau begitu yuk cari tahu lebih dalam step karir yang aku lewatin untuk menjadi ilustrator. Oiya kamu engga harus mengikuti step yang sama ya.

Karena setiap orang punya jalan, dan waktunya masing-masing. Gunakanlah panduan yang ada disini sebagai perspekstifmu agar kamu tahu harus mempelajari, dan menekuni apa nanti.

Tapi sebelumnya kamu bisa baca artikel tentang cara membuat doodle art ya.


Buat doodle yang sangat sederhana.

Menggambar ide yang ada di kertas dengan cepat adalah salah satu hal yang diinginkan hampir semua ilustrator. Baik itu yang telah lama berkarir sampai pemula seperti ku.

Dan skill tersebut sangat memudahkan banyak pekerjaan dalam pembuatan artwork.

Apalagi menggambar apa yang kamu lihat, dan hal yang sedang kamu pikirkan. Gambar yang dibuat engga perlu terlalu realistis, karena yang paling penting adalah caramu menyampaikan ide lewat gambar.

Mungkin untuk pertama kali kamu bisa mulai untuk meniru artwork orang lain. Itu engga salah selama digunakan untuk pembelajaran.

Dengan meniru artwork orang lain atau mengikuti tutorial yang ada di Youtube bisa membuatmu terbiasa dengan workflow menggambar. Jika kamu udah terbiasa menggunakan workflowmu sendiri.

Maka kamu bisa menggambar apapun dengan cara yang mudah. Dan jika kamu udah mulai karir sebagai ilustrator. Workflow mu bisa kamu jadikan sesuatu unik yang dapat membantu client.

Karena setiap client punya kebutuhan yang berbeda maka workflow yang fleksible dan tidak kaku akan mudah dilirik client.

Dengan meniru artwork orang lain jgua kamu bisa lebih percaya diri dengan apa yang kamu buat. Jika kamu membuat artwork pertama kali yang kamu perluin itu percaya diri.

Meniru artwork yang udah ada maka kamu lebih percaya diri kalau kamu bisa membuat hal yang sama.

Setelah itu kamu bisa deh memulai membuat artwork yang terinspirasi dari suatu hal yang kamu lihat. Maupun yang sedang kamu pikirkan.

Media gambar artwork.

Akan lebih baik jika kamu memulai dari kertas, dan pensil sebelum ke media digital. Itu karena menggunakan kertas, dan pensil akan membuatmu terbiasa menggambar dengan kreatifitas masing-masing.

Sedangkan jika kamu langsung mulai membuat doodle dengan media digital. Terkadang sedikit kesalahan akan terlihat sangat jelek. Sehingga kamu harus menghapus lalu menggambar ulang lagi.

Memang ini adalah fitur yang sangat membantu akan tetapi bisa menghambat juga kalau kamu orangnya perfectionis.

Lebih baik biarkan ada yang tercoret atau engga sesuai. Kamu bisa memperbaiki dengan cara menambahkan objek lain atau meneruskan gambaran dari hal tersebut.

Sehingga kamu engga perlu menghapus apa yang udah kamu buat. Jadi langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah ambil sketchbookmu. Dan mulai membuat artwork dari kehidupan sehari harimu.

Bagaimana cara agar terbiasa berpikir kreatif ?

Kreatif itu adalah cara kita menyampaikan suatu cerita dengan cara yang berbeda. Saat ber karir sebagai ilustrator kamu dapat melatih skill storytellingmu menggunakan perspekstif dari orang lain.

Bagaimana orang lain melihat sesuatu sehingga saat kamu membuat artwork maka orang pun akan memahami apa artinya.

Memulai karir sebagai ilustrator terkadang kita cuma fokus pada pandangan kita sendiri akan suatu hal. Sehingga jika membuat artwork berdasarkan pandangan kita sendiri terkadang. Bisa dianggap tidak sesuai kenyataannya.

Perbedaan antara ekspektasi, dan juga realita sehingga engga semua orang merasakan hal yang sama.

Setiap orang punya pandangan yang berbeda tentang hal yang terlihat sama, dan yang terpenting adalah bagaimana cara mereka mengartikannya.

Belajar untuk lebih berempati dengan lingkungan sekitar. Maka orang disekitar pun akan membantumu untuk menerima artworkmu dengan cara yang kreatif.

Menemukan Style ilustrasi mu.

Untuk dapat menemukan style ilustrasimu agar dapat menjadi freelance ilustrator full time bukan hal yang mudah. Waktu yang kamu butuhkan untuk terus belajar, dan mencari style yang paling sesuai juga engga cepat.

Dengan berlatih setiap hari, dan belajar hal baru serta trik baru maka kamu dapat menggabungkannya menjadi artwork dengan stylemu sendiri.

Mungkin selama perjalan karir freelance ilustrator desain komik vector membuat artwork dengan style yang sama engga mudah. Karena setiap project punya ciri khasnya masing - masing.

Dengan semakin banyaknya project yang pernah kamu ambil maka pengalamanmu akan bertambah. Dan terbiasa membuat artwork yang lebih fleksible.

Dan juga keperluan seperti desain sosial media feed komik vector art hingga artwork lainnya membuat peluang karir freelance ilustrator meningkat.

Mencoba banyak style yang udah ada, sampai mencoba berbagai media. Dengan begitu kamu dapat memiliih mana yang paling enjoy saat kamu membuatnya.

Dan dengan memilih salah satu style kamu tinggal fokus untuk membuat artwork dengan style tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Hal ini dipercaya mampu menciptakan branding yang kuat dari suatu artwork.

Dan yang terakhir adalah bagaimana menghindari creative block saat memulai karir freelance ilustrator ?

Apa sih creative block itu ? Dimana kondisimu sedang merasa enggak produktif, dan kreatif akan hal yang baru.

Nah saat seperti ini terkadang kamu akan memilih untuk tidur lebih awal. Dan mulai melanjutkan pekerjaan setelah merasa lebih enakan.

Dan terkadang situasi ini menjadi alasan untuk diri kita sendiri atau orang lain waktu engga produktif. Nah yang paling parah kalau kamu sering jadiin creative block sebagai alasanmu.

Waktu lagi mager atau capek banget untuk engga membuat artwork atau lanjutin kerjaan sampai selesai.

Jadi tipsnya kalau kamu lagi diserang creative block saat mulai karir menjadi freelance ilustrator full time. Kamu bisa mencoba mengubah lingkungan kerjamu.

Atau mengganti musik yang sering kamu dengerin saat kerja. Dan kamu bisa juga nih mencoba untuk membuat doodle lagi tentang apa yang lagi kamu pikirin.

Tapi yang terpenting jangan lupa istirahat yang cukup. Karena itu bener bener penting. Memulai karir freelance itu artinya kamu bertanggung jawab atas kesehatanmu sendiri.

Kalau kamu sakit ya engga ada yang bisa bantuin kamu jadi kamu yang akan membantu dirimu sendiri.

Apa kamu siap mulai karir freelance ?

Udah siap untuk mulai karir frelancemu secara full time ? Kalau udah kamu bisa bagiin pengalamanmu. Agar orang yang baru memulai melirik bidang ini akan terbantu dengan pengalamanmu.

Terimakasih Udah Membaca ya 🙂

Mungkin itu saja dulu yaa yan aku share untuk kalian. Oiya aku mau berbagi insight mingguan untuk teman-teman Desainers semua. Kamu mau dapetin juga ?.

Caranya gampang kamu tinggal ketik nama dan emailmu doang kok. Ga sampe 5 menit loh. Yuk subscribe blog ini untuk dapetin insight Desainers mingguan.

Kalau kamu pikir ini penting buat kamu share juga ya di social mediamu agar kamu mudah untuk baca dilain hari. So Stay Tune terus.

Exit mobile version