Hallo Desainer

Pentingnya Prinsip Desain agar artworkmu makin Bagus

undraw book design

Prinsip desain itu pentingnya agar diterapkan pada proses pembuatan artwork. Prinsip desain yang paling dasar harus kamu ketahui sebelum membuat artwork. Buat kamu yang belum tau apa itu dan apa saja prinsip dalam desain bagaimana cara membuat artwork yang bagus. Artikel ini bakal menjawab semua pertanyaan kamu.

Prinsip desain itu salah satu bagian terpenting dalam pembuatan artwork. Tapi kamu tetap bisa membuat artwork tanpa mempelajari prinsip ini.

Akan tetapi jika nantinya artwork yang kamu buat digunakan untuk tujuan komersil harus menerapkan prinsip desain. Agar artworknya dapat memberikan permasalahan dan menjadi solusi.

Prinsip ini akan kamu pelajari jika kamu berkuliah di jurusan seni atau DKV. Akan tetapi kamu bisa belajar darimana aja kok walaupun kamu engga berlatar belakang akademis.

Dan disini kamu bisa mengetahui apa itu prinsip desain dan apa saja jenisnya. Tentunya setlah kamu pelajari hal ini kamu dapat membuat artwork yang bagus dengan menerapkan prinsip dalam desain.

Prinsip desain yang paling dasar dan penting akan sangat berpengaruh dalam artworkmu. Jadi sekarang udah terbayang kan pentingnya prinsip desain agar artworkmu makin keren?

Tapi sebelum itu aku saranin untuk membaca artikel ini ya ...

Prinsip desain yang dilupakan banyak desainers.


Gausah berlama lama lagi yuk jadi prinsip desain itu ada ....

Garis dalam artwork.

Menurut beberapa buku yang sempet aku baca jadi garis itu adalah sebuah bentuk. Yang mengubungkan dua atau lebih titik dalam sebuah artwork.

Jadi garis itu termasuk bentuk yang paling mendasar dari elemen desain. Sebuah garis dapat terlihat lurus dengan ketebalan nya masing masing. Atau bergelombang dan masih banyak lagi.

Garis dapat terlihat dalam hampir setiap artwork. Bisa digunakan untuk mengatur fokus. Atau membagi elem lainnya untuk memandu mata yang melihat artwork tersebut.

Bentuk.

Jadi kalau bentuk atau yang sering dibilang shape itu digunakan untuk menyampaikan sebuah ide dalam bentuk visual. Bisa berbentuk bangun datar hingga yang abstrak.

Jadi bentuk atau shape terlihat 2 dimensi serta dengan garis yang dapat dikenali. Bentuk ini termasuk bagian terpenting dari hampir setiap artwork.

Jadi bentuk atau shape itu terbagi menjadi dua yaitu geometris dan juga organik atau natural.

Keduanya dapat digunakan dalam sebuah artwork untuk menciptakan sebuah artwork. Atau mengatur content dalam sebuah artwork. Membuat ilustrasi yang sederhana serta membuat artwork lebih menarik.

Form.

Form ini sebenarnya optional dapat digunakan maupun tidak dalam sebuah artwork 2 dimensi.

Tujuan penggunaan form yaitu untuk menciptakan desain 2 dimensi agar terlihat lebih nyata. Seperti 3 dimensi. Jadi jika sebuah bentuk atau shape terlihat seperti 3 dimensi itu disebut sebagai form.

Jadi shape yang berbentuk 3 dimensi dapat dibuat dengan memberikan pencahayaan, bayangan dan juga perspektif atau sudut pandang. Untuk menciptakan kesan memiliki ruang.

Tetapi harus digunakan tidak secara berlebihan.

Tekstur.

Sedangkan tekstur ini digunakan untuk memperlihatkan kesan dalam artwork 2 dimensi.

Jadi artwork atau shape yang dibuat dengan menambahkan tekstur dapat memberikan kesan lembut, kasar , atau keras dan masih banyak lainnya.

Dan tergantung dari elemen yang digunakan untuk membuatnya.

Tapi sama seperti sebuah form tekstur disarankan tidak digunakan secara berlebihan dalam sebuah artwork. Agar artworknya terlihat seimbang.

Keseimbangan dalam artwork.

Keseimbangan ini dibuat untuk menampilkan artwork yang sangat kompleks. Sehingga orang yang melihatnya dapat fokus pada pesan yang ingin disampaikan.

Untuk membuat artwork yang balance kamu dapat menerapkannya dengan mengukur bobot atau ukuran elemen yang berdampingan.

Atau ada yang namanya rule of third yaitu menciptakan balance dengan membuat grid atau garis bantu 3x3. Dengan begitu membantu kamu untuk menciptakan balance dari sisa space yang tersedia.

Walaupun begitu balance juga dipengaruhi oleh prinsip desain lainnya. Seperti warna, ukuran, dan juga negative space atau ruang kosong.

Typography

Bisa dibilang juga pemilihan gaya huruf sampai penampilan huruf. Sebenarnya typography terbagi lagi menjadi banyak hal seperti kerning, tracking, dan juga leading.

Jadi typography ini penting untuk penampilan dari sebuah text atau paragraf.

Jadi bagaimana paragraf tersebut digunakan menjadi elemen sebuah desain. Dengan typography yang tepat dapat menciptakan artwork yang user friendly atau mudah digunakan orang lain.

Saat memilih penggunaan huruf dalam artwork semakin simple maka semakin baik. Satu atau dua jenis huruf berbeda dapat digunakan dalam sebuah artwork.

Hirarki atau hubungan antar elemen artwork.

Jadi hirarki ini digunakan untuk memandu pengguna artwork atau desain. Bagian mana atau elemen mana yang harus dilihat terlebih dahulu lalu mana elemen yang saling berhubungan satu sama lain.

Apapun elemen yang penting dapat ditampilkan sesuai hirarkinya. Sehingga orang yang melihat atau menggunakannya akan paham mana yang paling awal harus dilihat lalu mana selanjutnya.

Terkadang bagian terpenting dalam sebuah artwork akan dibuat lebih besar dan lebih berbobot dari elemen lain. Dengan begitu kamu tetap bisa menciptakan desain yang simple namun mudah dilihat.

Warna.

Nah warna adalah elemen yang dapat menciptakan mood atau emosi yang berbeda loh.

Jadi jangan sampai salah menggunakannya dalam artworkmu ya.

Memberikan warna untuk sebuah artwork membuat artworkmu jadi lebih hidup. Dan juga menciptakan contrast yang membuat artwork menjadi unik.

Dan untuk menggunakan warna yang sesuai untuk sebuah artwork, kamu harus memahami tentang hue, saturation, dan value.

Mempelajari teori dalam warna membuatmu akan paham dalam pemilihan warna yang cocok untuk artworkmu.

Ada berbagai macam formula dalam pemilihan warna yang bisa kamu gunakan untuk artworkmu. Mulai dari monochromatic, analogous, complementary, split complementary, triadic hingga tetradic.

Penggunaan warna juga ditujukan untuk membuat artwork mudah dilihat dan digunakan. Serta enak dilihat oleh mata.

Layout dan Komposisi.

Layout dan komposisi biasanya digunakan untuk desain yang digunakan oleh user. Seperti desain website, aplikasi mobile hingga sebuah produk.

Dengan menggunakan layout dan komposisi yang tepat maka desain akan mudah digunakan oleh user.

Jadi layout dan komposisi itu terbagi menjadi 5 yaitu :

Dengan mengetahui pentingnya prinsip desain kamu dapat membuat artwork agar mudah digunakan. Prinsip desain yang paling dasar dalam membuat desain juga sangat bermanfaat untuk menjadikanmu desainer yang unik.

Nah sekarang kamu udah tahu kan apa itu prinsip dalam desain dan juga apa saja jenis jenisnya. Mulai sekarang yuk ciptakan desain yang lebih bagus.

Terimakasih Udah Membaca ya 🙂

Mungkin itu saja dulu yaa yan aku share untuk kalian. Oiya aku mau berbagi insight mingguan untuk teman-teman Desainers semua. Kamu mau dapetin juga ?.

Caranya gampang kamu tinggal ketik nama dan emailmu doang kok. Ga sampe 5 menit loh. Yuk subscribe blog ini untuk dapetin insight Desainers mingguan.

Kalau kamu pikir ini penting buat kamu share juga ya di social mediamu agar kamu mudah untuk baca dilain hari. So Stay Tune terus.

Exit mobile version