Prinsip Desain yang Dilewatkan Desainer Pemula

August 2, 2020

Sebenarnya untuk menjadi desainer profesional. Kamu harus juga memahami beberapa dasar-dasar dalam dunia desain.Bukan hanya untuk membuat desain yang berkualitas tinggi. Desain yang memiliki dasar- dasar yang tepat juga dapat menjadi solusi dari sebuah masalah.

Dan juga beberapa dasar -dasar desain ini penting dan wajib diterapkan untuk membuat desain yang lebih baik. Tentunya mudah digunakan oleh user. Walaupun terkesan sepele namun kalau kamu dapat memahami 4 prinsip desain ini .

Aku yakin kamu dapat meningkatkan kualitas desain yang kamu buat. Aku juga saat ini sedang mempelajari lebih dalam mengenai prinsip yang ada dalam desain ini. Itu karena sangat banyak loh desain yang terbaik menggabungkan 4 dasar- dasar desain ini.

Dasar Dasar Desain Part #1.

Jadi gausah berlama -lama apa ajasih dasar desain yang harus kamu pahami. Untuk menjadi Desainers yang profesional.

Dasar Dasar Desain : Gunakan Warna untuk Menyampaikan Makna.

Menambahkan warna pada desain. Dapat menciptakan karakter- karakter yang unik. Selain untuk menyampaikan makna desain, juga dapat menciptakan emosi khusus, dan juga keselarasan dalam sebuah desain.

dasar-dasar-desain-1-warna-natural
warna-natural

Dilain kesempatan kemungkinan bakal aku buat sebuah artikel yang khusus membahas warna.

Warna yang baik harusnya ditentukan sejak awal desain akan dibuat. Ini adalah dasar-dasar desain pemilihan warna seperti berikut :

  • Mengidentifikasi tujuan desain yang akan dibuat sebelum mencari pilihan warna. Desain yang bagus itu yang memiliki warna sesuai tujuan desainnya.
  • Mengidentifikasi pengguna desain tersebut. Atau untuk siapa desain tersebut dibuat. Pengguna mengartikan warna itu berbeda -beda berdasarkan emosinya. Warna juga memberikan efek yang berbeda untuk pengguna berdasarkan pengartian warna secara pribadi masing- masing. Baik itu berdasarkan kultur, maupun pengalaman pengguna.
  • Saat mencari pilihan warna dasarnya adalah kesederhanaan. Warna dasar desain itu netral, Lalu pilih warna utama, selanjutnya warna sekunder. Dan terakhir adalah warna yang mengartikan pesan berhasil. Juga warna yang mengartikan pesan gagal.

Setelah kamu memiliki pehamanan yang baik dalam pemilihan dasar dasar warna dalam desain. Lalu bereksplorasilah mencoba warna baru dan ulangi terus ekplorasimu.

Dan pada akhirnya jika kamu sudah cukup dengan ekplorasimu . Keluarlah dari zona nyaman dan gunakan warna warna baru diluar pilihan warna yang sering kamu pilih.

Kamu juga dapa mencari pilihan warna di website seperti Colorhunt, Coolors.co dan lainnya.

dasar-dasar-desain-1-warna-perpaduan-yang-selaras
warna-perpaduan-yang-selaras

Beberapa Latihan yang Sering Aku Gunakan dalam Pemilihan Warna.

Habiskan waktu untuk memilih warna yang dominan dari hal -hal disekeliling. Seperti Foto, Majalah, Serta Website atau Blog yang sering kamu kunjungi. Setelah itu carilah sebuah desain yang sudah jadi dan warnai ulang menggunakan pilihan warna yang sudah kamu pilih sebelumnya.

Buat catatan bagaimana warna mengubah emosi dan tujuan dari desain tersebut.

Apakah warna yang kamu pilih mengubah makna dari desain tersebut ?

Dasar Dasar Desain : Penggunaan Ukuran yang Menciptakan Hirarki.

Saat membuat hirarki dalam desain visual. Baik itu sebuah Ilustrasi, Vector maupun User Interface. Penggunaan ukuran sangat penting.

dasar-dasar-desain-1-ukuran-yang-konsisten
ukuran-yang-konsisten

Penggunaan ukuran yang sesuai dapat menyampaikan sebuah hubungan dari satu elemen desain dengan elemen lainnya. Dan juga menciptakan alur yang diinginkan sesuai tujuan dibuatnya sebuah desain.

Penggunaan grid sangat membantu dalam membuat sebuah hirarki desain. Kamu dapat menggunakan grid untuk membantu membuat ukuran elemen desain. Berdasarkan rasio yang memiliki makna prioritas.

Setelah kamu memilih satu ukuran untuk sebuah elemen desain. Pertahankan agar tetap sama dalam setiap halaman.

Dalam desain konsistensi elemen desain ,adalah penentu desain yang baik .

Latihan Melatih Konsistensi Ukuran untuk Menciptakan Hirarki.

Intinya dalam melatih konsistensi adalah meminta pendapat teman ataupun desainer lainnya.

dasar-dasar-desain-1-ukuran-yang-konsisten-dalam-sebuah-tombol
konsisten-dalam-sebuah-tombol

Buatlah sebuah sketsa ataupun gambaran kasar sebuah desain. Lalu minta pendapat teman atau desainer lainnya mengenai sketsa yang sudah kamu buat. Dasar dasar desain seperti membuat sketsa juga penting.

Minta mereka memberikan lingkaran elemen mana yang paling kontras dalam sketsa tersebut. Setelah itu buat nomor prioritas dari elemen yang dilingkari berdasarkan besarnya elemen.

Apakah hasilnya sesuai yang kamu bayangkan ?

Saat kamu melakukan latihan ini. Tanyakan dalam pikiranmu beberapa pertanyaan ini :

  • Apa tujuan dari desain tersebut ? Bagaimana kamu dapat mengoptimasi desain agar dapat mencapai tujuannya ?
  • Apa hubungan diantara elemen -elemen tersebut ? Elemen mana yang ingin kamu berikan perhatian lebih ?
  • Apakah sketsa kamu berhasil mengarahkan pengguna dalam melihat seluruh halaman tersebut ?

Nah di artikel selanjutnya bakal aku lanjutkan dengan part #2 nya mengenai prinsip desain yang harus kamu pahami untuk menjadi desainer profesional.

Walaupun terkesan sangat sederhana namun beberapa prinsip inilah yang dapat membuat desainnmu mencapai tujuan dibuatnya. Walaupun dasar dasar tersebut sangat sederhana namun dalam dunia desain kesederhanaan adalah kunci dari desain yang baik.

Yuk latihan dasar dasar desain yang sudah aku bagikan diatas. Selanjutnya di part #2 akan membahas yang ga kalah pentingnya juga loh. So Stay Tune dan jangan lupa Subscribe agar kamu dapat tips mingguan dari Desainers.

Prinsip Desain yang Dilewatkan Desainer Pemula

beberapa prinsip dalam dunia desain.Bukan hanya untuk membuat desain yang berkualitas tinggi. Desain yang memiliki dasar- dasar yang...

Read More
cloud-syncearthbullhorn linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram